Hakikat Wawasan Nusantara Kedudukan, Fungsi, dan Tujuannya

Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.[ Dalam pelaksanannya, wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.

Hakikat Wawasan Nusantara Kedudukan, Fungsi, dan Tujuannya

Wawasan nusantara berkaitan erat dengan visi masa depan bangsa.Visi bangsa Indonesia sesuai dengan konsep wawasan nusantara adalab menjdai bangsa yang satu dengan wilayah yang satu dan dengan keadaan utuh pula. Kedudukan wawasan nusantara sebagai salah satu konsepsi ketatanegaraan republik Indonesia.
Berikut ini merupakan kedudukan, fungsi, dan tujuan wawasan nusantara

1. Kedudukan

Wawasan nusantara sebagai wawasan nasional bangsa Indonesia merupakan ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh rakyat Indonesia agar tidak terjadi penyesatan atau penyimpangan dalam upaya mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional. Oleh karena itu, wawasan nusantara menjdai landasan visional dalam menyelenggarakan kehidupan nasional.

2. Fungsi

Wawasan nusantara berfungsi sebagai pedoman, motivasi, dorongan, serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan , tindakan, dan perbuatan bagi penyelenggaraan Negara di tingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

3. Tujuan

Wawasan nusantara bertujuan untuk mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan Nasional daripada kepentingan individu, kelompok,golongan, suku, ras, atau daerah. Kepentingan-kepentingan tersebut tetap dihormati  diakui, dan dipenuhi selama tidak bertentangan dengan kepentingan nasioanl atau kepentingan masyarakat.Nasionalisme yang tinggi di segala bidang demi tercapainya tujuan nasional tersebut merupakan pancaran dari makin meningkatnya rasa,paham, dan semangat kebangsaan dalam jiwa bangsaindonesia sebagai hasil pemahaman dan penghayatan wawasan nusantara.

Demikian artikel berjudul Kedudukan, Fungsi, dan Tujuan Wawasan Nusantara semoga bisa bermanfaat.

Sumber: buku pkn kurikulum 2013
Zein Sakti
Zein Sakti Orang yang mencari peruntungan di dunia blogging